Main Article Content

Abstract

This study aims to analyze consumer perceptions of the ease of online transactions for car rental services at CV Jihan Fajar, Makassar City. The variables used in this study are consumer perception and ease of online transactions. Data collection was conducted using secondary data and primary data obtained through questionnaires. A total of 82 consumers were sampled in this study. The analysis tool used was simple linear regression with the help of SPSS version 25 software. The results of this study indicate that consumer perceptions of the ease of online transactions have a positive and significant effect.

Keywords

Consumer Perception Ease of online transactions

Article Details

How to Cite
Ivan, A. T. B., Misi, H. L., & Tenriyola, A. P. (2025). Analisis Persepsi Konsumen Atas Kemudahan Bertransaksi Online untuk Jasa Rental Mobil. Management and Accounting Research Journal, 5(2), 132-144. Retrieved from https://www.jurnal.ilrscentre.or.id/index.php/mars/article/view/145

References

  1. Amalita & Rahma. 2022. Pengaruh Kemudahan, Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace Facebook pada Mahasiswa/i UINSU dengan Structural Equation Modelling. skripsi m.farhan, 47-48.
  2. Andhi Febisatria. 2024. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Aplikasi Mobile JKN. Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Manajemen Vol.2, No.2 Februari 2024.390-394.
  3. Ardian Saputra & Algifari. 2022. Analisis Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kenyamanan, Dan Persepsi Kemanfaatan Terhadap Minat Menggunakan E-commerce. skripsi m.farhan, 48-49.
  4. Astiana. 2022. Pengaruh Promosi, Kemudahan, Dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sistem E-Commerce Shopee Pada Pengguna Aplikasi Shopee Di Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa, skripsi m.farhan, 47-48.
  5. Christo, Sigar. 2022. Analisis Persepsi Kemudahan Penggunaan E-Commerce Di Kalangan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Jurnal Prospek: Pendidikan Ilmu Sosial dan Ekonomi Volume 4 No 2 Desember 2022.
  6. Davis Prasetyo & Rahardja. 2020. Indikator Kemudahan Transaksi pengaruh Kemudahan Transaksi, Kualitas Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Jurnal subhan 36-37.
  7. Dzaki, Alif Aziz. 2024. Strategi Digital Marketing Pada Jasa Rental Mobil RTHR33 Dalam Meningkatkan Pelayanan Konsumen di Purwokerto, SKRIPSI.
  8. Fadjar. 2020.Persepsi Konsumen, Persepsi Konsumen dan Pengambilan Keputusan Pembelian Terhadap Produk Sehat Di Asri Organik- Sehat Tambakrejo Jombang. Jurnal Mis Suhartin.
  9. Kock, N., Avison, D., & Malaurent, J. 2020. Positivist information systems action research: Methodological issues. Journal of Management Information Systems, 37(4), 1proceed with-1027.
  10. Kotler. 2020 Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen, (sikap dan pemasaran). Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.
  11. Kotler & Keller. 2020. Karateristik barang Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
  12. Kotler, Keller & Chernev. 2022. Karateristik jasa Marketing management (15th ed.). Pearson Education.
  13. Kotler, P. & Kevin Lane Keller. 2022. Perilaku Konsumen (sikap dan pemasaran). Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.
  14. Kotler & Armstrong. 2023. Produk Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.12-14
  15. Kotler, Philip. 2020, Jenis Jenis produk Terjemahan: Firmansyah, M. A. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara.
  16. Rahayu. 2021. Pengaruh Harga, Kepercayaan dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pengguna E- commerce Tokopedia (studi kasus pada mahasiswa manajemen informatika angkatan 2020 Universitas Mahakarya Asia PSDKU Baturaja), skripsi.
  17. Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
  18. Sugiyono. 2016. Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
  19. Supriyanto, S., & Wijayanto, A. 2020. Analisis Persepsi Konsumen Terhadap Penggunaan Transportasi Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(2), 105-114.