Main Article Content

Abstract

Pemasaran internal adalah kegiatan menarik, mengembangkan, memotivasi, dan mempertahankan karyawan-karyawan yang berkualitas.Permasalahan dalam penelitian yaitu penurunan jumlah kunjungan pasien instalasi rawat inap dan rawat jalan dapat mengidentifikasi apakah selama ini kualitas pelayanan yang diberikan, termasuk kinerja atau perilaku petugas kesehatan kepada masyarakat pengguna jasa kurang baik sehingga menimbulkan ketidakpuasan pasien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasaran internal terhadap kualitas pelayanan di RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Kab. Takalar 2022. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional study.Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Purposive Sampling dengan jumlah sampel yaitu 183 pegawai dan 183 pasien. Penelitian ini menggunakan analisis data univariat dan bivariat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh pelatihan (p= 0,757), lingkungan kerja (p= 0,313), reward (p= 0,832), kepuasan kerja (p= 1) terhadap kualitas pelayanan sedangkan motivasi (p= 0,045) berpengaruh terhadap kualitas pelayanan di RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Takalar Tahun 2022. Disarankan kepada pihak RSUD H. Padjonga Daeng Ngalle Takalar sebaiknya lebih memperhtikan kinerja pegawai dikarenakan semakin lebih baik kinerja pegawai maka kualitas pelayanan yang di berikan kepada pasien juga lebih baik.

Keywords

Pemasaran Internal Kualitas Pelayanan Rumah Sakit

Article Details

How to Cite
Ekawaty, D. (2023). ANALISIS PENGARUH PEMASARAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI RSUD H. PADJONGA DAEN NGALLE TAKALAR TAHUN 2022. Public Health and Medicine Journal, 1(2), 11-22. Retrieved from https://www.jurnal.ilrscentre.or.id/index.php/pama/article/view/18

References

  1. Dian Ekawaty, F. S. H. N. (2020). Analisis Pemasaran Internal Terhadap Dan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Swasta Kota Makassar. Patria Artha Journal Of Nursing Science, 4, 1–6.
  2. Harahap, R. (2017). Analisa Kepuasan Kerja Karyawan Di CV. Rezeky Medan. Jurnal Manajemen Tools, 8(2), 97–102.
  3. Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Erlangga.
  4. Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Manajemen Pemasaran. PT Penerbit Erlangga.
  5. Noor, M., & Susanto, S. noto. (2020). Usulan Perbaikan Kualitas Jasa Layanan Dengan Metode QFD Di RSUD XYZ. Industrial Engineering Journal, 9(1).
  6. Nuraini. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Padangsidimpuan. 1–61.
  7. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018. Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien. Jakarta.
  8. Permadi, I. (2014). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kulitas Pelayanan Pasien Pada Rumah Sakit R Syamsudin SH Sukabumi. Jurnal Ekonomak, 1(2).
  9. Prabu, A. S., & Wijayanti, D. T. (2016). Pengaruh Penghargaan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan ( Studi Pada Difisi Penjualan PT United Motors Center Suzuki Ahmad Yani, Surabaya). Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(2), 104–117.
  10. Qurtubi. (2018). Konsep Dan Peran Pemasaran Internal Dalam Implementasi Strategi Perusahaan. Sumber Nasional IENACO , 486–491.
  11. Rachmad Hidayat, & Reni Roviatul Laily. (2017). Pengaruh Program Pemasaran Internal Dan Kualitas Layanan Internal Terhadap Kepuasan Pelanggan Internal Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Probolinggo. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) , VOL. 2 NO. 1, 9–17.
  12. Satrie, J. (2021). Pengaruh Pelatihan, Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kienerja Karyawan Pada PT Arranet Indonesia Sejahtera Jakarta. Komputer Indonesia.
  13. Solichah Supartiningsih. (2017). Kualitas Pelayanan Kepuasan Pasien Rumah Sakit Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoetiologelal Dan Manajemen Rumah Sakit , Vol. 6 No. 1, 9–15.
  14. Sukotjo, H. (2012). Pengaruh Pemasaran Internal Terhadap Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Perguruan Tinggi Swasta (PTS Di Jawa Timur). Aplikasi Manajemen, 10(3), 586–594.
  15. Wulan, W., Ikhsan, K. N., & Maladona, A. (2017). Pembagian Motivasi Dan Reward Dengan Kinerja Karyawan. Jurnal Media Informasi, 13(2), 23–28.
  16. Yudiarso, A. W., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Perawat Pada RSM Ahmad Dahlan Kediri. Jurnal Al-Hikma, 9(1), 27–41.