Main Article Content
Abstract
Kepercayaan pasien dalam mengambil keputusan terhadap sebuah layanan dan menjadi loyal dapat dipengaruhi oleh ke tujuh variabel bauran pemasaran. Bauran pemasaran merupakan seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus menerus mencapai tujuannya di pasar sasaran. Bauran pemasaran yang terdiri dari 7P (Produk, Harga, Tempat, Promosi, Proses, Orang, dan Bukti Fisik) dapat mempengaruhi loyalitas pasien. Pandemi Covid-19 telah mempengaruhi keuangan rumah sakit mengingat penerimaan rumah sakit berkurang signifikan selama pandemi, sementara ada peningkatan biaya operasional untuk prosedur keselamatan baik untuk karyawan, staf medis, maupun untuk keselamatan pengunjung rumah sakit itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat inap di rumah sakit Stella Maris Makassar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode cross sectional study. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah adalah pasien umum di rawat inap Rumah Sakit Stella Maris Makassar yang berjumlah 91 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan bauran pemasaran produk (product) dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,000, bauran pemasaran harga (price) dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,675, bauran pemasaran tempat (place) dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,000, bauran pemasaran promosi (promotion) dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,860, bauran pemasaran orang/petugas (people) dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,000, bauran pemasaran proses (process) dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,047 dan bauran pemasaran bukti fisik (physical evidence) dengan loyalitas pasien memiliki nilai p 0,017. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu ada 5 varibael bauran pemasaran yang berhubungan dengan loyalitas pasien yaitu produk, tempat, orang/petugas, proses, dan bukti fisik. Adapun variabel bauran pemasaran yang tidak berhubungan dengan loyalitas pasien yaitu harga dan promosi.
Keywords
Article Details
References
- Devi Nur, and H. Ramlan. 2022. “Layanan kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum ‘ Aisyiyah St . Khadijah Kabupaten Pinrang The Relationship Between Marketing Mix and the Decision to the Choose Health Services for Inpatiens at the General Hospital ’ Aisyiyah St . Khadijah , Pinrang District.”
- Enrico.2018. Analisis Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini.
- Hayati, S,Y, Sndra, C , Herawati, Y, T. 2018. Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2017. Jurnal IKESMA Volume 14 Nomor 1 Maret 2018: 45-56.
- Kusumo. M. (2016). Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2). https://doi.org/10.18196/jmmr.5113
- Lilian. I. (2018). "Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di Ruang Rawat Inap Kebidanan Rsia Catherine Booth Makassar".
- Nova. R. (2014) “Hubungan Bauran Pemasaran Jasa Pelayanan keperawatan dengan loyalitas pasien di RSUP Dr. M. Djamil Padang 2014”
- Rahayu. (2015) “Hubungan bauran pemasaran dan loyalitas pelanggan di Unit Pelayanan Teknis Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali.”
- Rengkuan, S. R., dkk. (2015). Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum tentang Bauran Pemasaran Jasa dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Advent Manado. Jikmu, 5(1), 8–20.
- Sharon, dkk. (2017). “Pengaruh kondisi fisik dengan minat kunjungan ulang pasien poliklinik di Rumah Sakit Yogyakarta.”
- Wulandari. Dwi Nur. 2017. “Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Umum Di Rumah Sakit Tk.Iv Madiun.”
References
Devi Nur, and H. Ramlan. 2022. “Layanan kesehatan Pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Umum ‘ Aisyiyah St . Khadijah Kabupaten Pinrang The Relationship Between Marketing Mix and the Decision to the Choose Health Services for Inpatiens at the General Hospital ’ Aisyiyah St . Khadijah , Pinrang District.”
Enrico.2018. Analisis Hubungan Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Di Unit Pelayanan Rawat Jalan Rumah Sakit Kartini.
Hayati, S,Y, Sndra, C , Herawati, Y, T. 2018. Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Daerah Kalisat Kabupaten Jember Tahun 2017. Jurnal IKESMA Volume 14 Nomor 1 Maret 2018: 45-56.
Kusumo. M. (2016). Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap RS PKU Muhammadiyah Bantul. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit, 5(2). https://doi.org/10.18196/jmmr.5113
Lilian. I. (2018). "Hubungan Bauran Pemasaran Dengan Loyalitas Pasien Di Ruang Rawat Inap Kebidanan Rsia Catherine Booth Makassar".
Nova. R. (2014) “Hubungan Bauran Pemasaran Jasa Pelayanan keperawatan dengan loyalitas pasien di RSUP Dr. M. Djamil Padang 2014”
Rahayu. (2015) “Hubungan bauran pemasaran dan loyalitas pelanggan di Unit Pelayanan Teknis Balai Laboratorium Kesehatan Provinsi Bali.”
Rengkuan, S. R., dkk. (2015). Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum tentang Bauran Pemasaran Jasa dengan Loyalitas Pasien di Instalasi Rawat Jalan RS Advent Manado. Jikmu, 5(1), 8–20.
Sharon, dkk. (2017). “Pengaruh kondisi fisik dengan minat kunjungan ulang pasien poliklinik di Rumah Sakit Yogyakarta.”
Wulandari. Dwi Nur. 2017. “Pengaruh Persepsi Konsumen Tentang Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Pasien Umum Di Rumah Sakit Tk.Iv Madiun.”