Main Article Content

Abstract

Perkembangan sosial dan pertumbuhan sektor ekonomi masyarakat, serta kemajuan teknologi di bidang kedokteran, dan tuntutan profesionalisme manajemen rumah sakit sebagai bentuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan harapan memberikan kepuasan kepada pasien terkhusus di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan patient centered care terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan studi cross sectional. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling dengan metode Proportional Stratified Random Sampling sebanyak 325 responden. Hasil uji bivariat pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penerapan patient centered care berdasarkan dimensi menghormati nilai dan kebutuhan pasien dengan nilai p-value= 0,031 < 0,05, tidak terdapat pengaruh penerapan patient centered care berdasarkan dimensi koordinasi dan integrasi pelayanan dengan nilai p-value= 1,000 > 0,05, terdapat pengaruh penerapan patient centered care berdasarkan dimensi informasi, komunikasi dan edukasi dengan nilai p-value= 0,032 < 0,05, terdapat pengaruh penerapan patient centered care berdasarkan dimensi kenyamanan fisik dengan nilai p-value= 0,045 < 0,05, terdapat pengaruh penerapan patient centered care berdasarkan dimensi dukungan emosional dan pengurangan rasa takut dan cemas dengan nilai p-value= 0,000 < 0,05, terdapat pengaruh penerapan patient centered care berdasarkan dimensi peralihan dan kesinambungan dengan nilai p-value=0,016 < 0,05, tidak terdapat pengaruh penerapan patient centered care berdasarkan dimensi akses dengan nilai p-value 0,095 > 0,05,Berdasarkan uji Chi-Square didapatkan nilai sig 0,000 yang berarti terdapat pengaruh penerapan patient centered care terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji Makassar.

Keywords

Patient Centered Care Kepuasan Pasien Rumah Sakit

Article Details

How to Cite
Windarti, S. (2023). PENGARUH PENERAPAN PATIENT CENTERED CARE TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH LABUANG BAJI MAKASSAR TAHUN 2022. Public Health and Medicine Journal, 1(2), 40-54. Retrieved from https://www.jurnal.ilrscentre.or.id/index.php/pama/article/view/21

References

  1. Ernawati Eka and Milawati Lusiani. 2010. “Studi Fenomenologi: Pelaksanaan Patient Centered Care Perspektif Pasien dan Perawat Di Rumah Sakit Dr. Dradjat Prawiranegara Serang.” 6(3): 83-90
  2. Fauzan, A., & Widodo, H. (2019). Hubungan pelaksanaan patient centered care dengan pengalaman klien rawat inap Rumah Sakit Sari Mulia Banjarmasin. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan dan Keperawatan, 10(2), 505–518. Diakses dari https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.523
  3. Fikri. 2016. “Pengaruh Biaya dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di RS Mitra Medika Bondowoso.”
  4. Fitriana, Y., & Pratiwi, K. (2018). Pelaksanaan patient safety di Rumah Sakit Umum Daerah dan Rumah Sakit Umum Swasta Bantul berdasarkan ketentuan undang-undang nomor 44 tahun 2009 tentang rumah sakit. Jurnal Kebidanan, 7(1), 28. Diakses dari https://doi.org/10.26714/jk.7.1.2018.28-39.
  5. Gerteis, M., Levitan, S.E., Daley, J., & Delbanco, T. (1993). Through the patient’s eyes: Understanding and promoting patient – centered care. San Fransisco: John Wiley & Sons.
  6. Handayani, F., Keperawatan, J., & Borneo, U. (2019). Hubungan komunikasi dan reward dengan penerapan patient centered care di instalasi rawat inap . 2(1), 125-134. Journal of Borneo Holistic Health. Diakses dari http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth/article/view/749.
  7. Kelana, Muhammad Tria. 2015."Pengaruh Penerapan Pelayanan Prima (Service Excellence) Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Universitas Tanjungpura Kota Pontianak." Naskah Publikasi.
  8. Kusumaningtyas, T. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Farmasi Terhadap Loyalitas Pasien Umum Rawat Jalan RSUD Kota Madiun. Stikes Bhakti Husada Mulia Madiun.
  9. LaVela, S., & Gallan, A. (2014). Evaluation And Measurement Of Patient Experience. Patient Experience Journal, 1(1), 28–36. http://pxjournal.org/journal/vol1/iss1/5
  10. Marti, E., Andarini, S., & Lestari, R. (2015). Studi fenomenologi penerapan prinsip patient centered care pada saat proses resusitasi Di Igd Rsud Saiful Anwar Malang. The Indonesian Journal of Health Science, 6(1), 1–17. Diakses dari http://repository.ub.ac.id/158228/.
  11. Nursalam. (2013). Metedologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medka.
  12. Pamungkas, F., Hariyanti, T., Prawestiningtyas, E., & Juhariah, S. (2016). Pengalaman pasien dirawat inap di rumah sakit sebagai upaya penyusunan strategi pemasaran. Jurnal Aplikasi Manajemen, 14(1), 109–119. https://doi.org/10.18202/jam23026332.14.1.12.
  13. Riskiyah, R., Hariyanti, T., & Juhariah, S. (2017). Pengalaman pasien rawat inap terhadap penerapan patient centered care di RS UMM. Jurnal Kedokteran Brawijaya, 29(4), 358–363. https://doi.org/10.21776/ub.jkb.2017.029.04.13.
  14. Rosa, E.M. (2018). Patient centered care di rumah sakit konsep dan implementasi. Diakses dari http://repository.umy.ac.id/bitstream/handle/123456789/24189/Buku%20PATIENT%20CC%20%281%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y.
  15. Sekarini, R. W. A. (2018). Pengalaman pasien rawat inap pada penerapan patient centered care di Rumah Sakit Estomihi Medan tahun 2018. (Skripsi, Universitas Sumatera Utara). Diakses dari http://repositori.usu.ac.id.
  16. Slovin. (1960). Formula Untuk Menghitung Jumlah Sampel.
  17. Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatfi, Dan R&D. Alfabeta.
  18. Suryawati, C., Dharminto, & Shaluhiyah, Z. (2006). Penyusunan Indikator Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Di Provinsi Jawa Tengah Developing Hospital Patient. Jurnal Manejemen Pelayanan Kesehatan, 09, 177–184.
  19. Zaniarti. 2011. “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas Di RSUD Salatiga.”