Main Article Content

Abstract

Pada zaman yang semakin berkembang ini semakin banyaknya pertumbuhan rumah sakit baru sehingga rumah sakit dituntut untuk selalu menjaga kualitas pelayanan untuk menjamin terciptannya loyalitas pasien. Menurut data awal yang didapat terjadinya penurunan jumlah pasien dalam tiga bulan terakhir yaitu Maret-Mei tahun 2022 di Instalasi Rawat Inap RSU Bahagia Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengalaman pasien terhadap loyalitas pasien instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Bahagia Makassar Tahun 2022.Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini yaitu 134 pasien instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Bahagia Makassar Tahun 2022. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling dan pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah dilakukan uji validitas dan realibilitas. Uji yang digunakan adalah uji chi-square dan dilakukan analisis menggunakan SPSS.Hasil uji bivariat pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengalaman pasien dengan variable (Komunikasi Perawat dengan nilai p= 0,008, Komunikasi Dokter dengan nilai p= 0,006, Responsif dengan nilai p= 0,003, Kenyamanan Fisik dengan nilai p= 0,025 dan kontrol rasa nyeri dengan nilai p= 0,028) terhadap loyalias. Untuk variable komunikasi tentang obat dengan nilai p= 0,085 dan variable Informasi Kepulangan dengan nilai p= 0,052 tidak terdapat pengaruh terhadap loyalitas pasien. Hasil uji multivariate  terhadap empat dimensi yaitu komunikasi perawat nilai Exp (B)= 0,317, komunikasi dokter nilai Exp (B)=0,326, responsif nilai Exp (B)=0,218, kenyamanan fisik nilai Exp (B)=0,183, sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi dokter paling berpengaruh terhadap loyalitas pasien di instalasi rawat inap Rumah Sakit Umum Bahagia Makassar Tahun 2022. Disarankan kepada pihak RSU Bahagia lebih agar memperhatikan komunikasi efektif, pengawasan dan pengendalian, evaluasi, serta kerjasama antar tim.

Keywords

Pengalaman loyalitas rawat inap rumah sakit

Article Details

How to Cite
Windarti, S. (2023). PENGARUH PENGALAMAN PASIEN TERHADAP LOYALITAS PASIEN INSTALASI RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM BAHAGIA MAKASSAR TAHUN 2022. Public Health and Medicine Journal, 1(2), 55-74. Retrieved from https://www.jurnal.ilrscentre.or.id/index.php/pama/article/view/22

References

  1. Adnin, R. J., & Lubis, N. (2013). Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan PT. Nasmoco Pemuda Semarang. Semarang, Universitas Diponegoro, 1–8.
  2. Agalela. (2019). Pengaruh Responsiveness Dan Empathy Terhadap Kepuasan Pelanggan Yang Berdampak Pada Penjualan Pt. Yakult Indonesia Persada Cabang Bandar Jaya. 2(3).
  3. Bastiar, Z. (2010). Service Excellent Dalam Rangka Membentuk Loyalitas Pelanggan.Manajerial,8(16),54–65.
  4. Agustina Maunaturrohmah, E. Y. (2018). Hubungan Lama Menderita Dengan Kenyamanan Fisik Pada Pasien Ppok Di Ruang Paviliun Cempaka Rsud Jombang. Biomass Chem Eng,3(2),12.
  5. Cahyani, iin fajar, & Kurniawati, T. (2015). Hubungan Pengalaman dirawat Dengan Loyalitas Pasien Rawat inap DI Bangsal Penyakit Dalam RSUD Panembahan Senopati BAtul. Journal Keperawatan Unnesa, 6, 1–12.
  6. Dora, M. S., Ayuni, D. Q., & Asmalinda, Y. (2019). Jurnal Kesehatan. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien, 2, 101–105.
  7. Fikes, I. D., & Muhammadiyah, U. (n.d.). Hubungan Responsiveness Tenaga Kesehatan Kabupaten Jember. 30, 1–14.
  8. Fitriani, S. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pasien Pengguna BPJS Di Rawat Inap RSUD Dr. Moewardi. Universita Muhammadiyah Surakarta, 1(1), 18–19.
  9. Frimayasa, A., & Suratriadi, P. (2017). Pengaruh Kepuasan terhadap Loyalitas Pasien Rawat Inap pada Rumah Sakit Khusus - THT Bedah Kepala Leher Proklamasi Jakarta Pusat. Repository Universitas Bina Sarana Informatika (RUBSI), I(1), 31–40. https://repository.bsi.ac.id/index.php/repo/viewitem/20164
  10. H, A. N. J., & Ahri, R. A. (2019). Loyalitas Pemanfaatan Di Md Clinic Makassar Tahun 2018. 14, 275–282.
  11. Hidayatulloh, A. I., Limbong, E. O., & Ibrahim, K. (2020). P Engalaman D An M Anajemen N Yeri P Asien P Asca O Perasi D I R Uang K Emuning V R Sup D R . H Asan S Adikin B Andung : ( S Tudi K Asus ). 11(2), 187–204.
  12. Kusumawardhani. (2019). Analisis Pengaruh Komunikasi Terapeutik Perawat Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Karanganyar. Kepuasan Pasien Rawat Ianap, 199–213.
  13. LCA, R. Y., Jonathan, R., & Lau, E. A. (2014). Kualitas layanan dan kepuasan pasien rawat inap pada balai pengobatan santa familia di barong tongkok kab. kutai barat. Ekonomia.
  14. Lubis, N. A. (2020). Pengaruh Perencanaan Pulang Terhadap Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit. http://dx.doi.org/10.31219/osf.io/uw7ea
  15. Mardalis, A. (2005). Meraih Loyalitas Pelanggan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis BENEFIT, 9(2), 111 – 119. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2
  16. Maulinda, S. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Loyalitas Pasien Terhadap Perilaku Berobat Di Puskesmas Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya.
  17. Monalisa. (2020). Program studi s1 kesehatan masyarakat fakultas kesehatan masyarakat universitas sumatera utara 2021. Skripsi,1–89. https://repositori.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/24814/151000527.pdf?sequence=1&isAllowed=y
  18. Muhammad Ryman Napirah, Herawanto, Y. A. W. (2016). Hubungan Komunikasi Dokter Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum (Rsu) Anutapura Palu Muhammad Ryman Napirah, Herawanto, Yuditha Apriliana Windasari *. 7, 1–7.
  19. Nim, R. (2009). Analisis Kenyamanan Ruang Rawat Inap Kelas Iii Untuk Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Rsui Kustati Surakarta.
  20. Puteri, M. D., Hafifah, N. Y., Banjarmasin, U. M., & Banjarmasin, U. M. (2021). Hubungan Penerapan Manajemen Nyeri Dengan Kepuasaan Pasien Post Operasi Di Ruang Rawat Inap Rsbp Batam. Initium Variety Journal, 1(1), 1–6.
  21. Pratiwi, D. U. (2017). Hubungan Responsiveness Dan Assurance Dengan Kepuasan Pasien Pemegang (Kis) Kartu Indonesia Sehat. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 6(2), 38–41. https://doi.org/10.35952/jik.v6i1.89
  22. Psikogenesis, J. (2012). Komunikasi Yang Relevan Dan Efektif Antara Dokter Dan Pasien Endang Fourianalistyawati, M.Psi, Psi Fakultas Psikologi Universitas YARSI. 1(1), 82–87.
  23. Rendy, W. F., Prastiwi, S., & Dewi, N. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Ketepatan Pemberian Obat Pada Pasien Rawat Inap Di RS Panti Waluya Sawahan Malang. Nursing News, 3(3), 654–662.
  24. Safitri, T., Lita, R. P., & Putra, A. S. (2020). Hubungan Outcome Quality, Interaction Quality, Peer-To-Peer Quality , Hospital Brand Image, Kepuasan Dan Loyalitas Pasien. Human Care Journal, 5(1), 250. https://doi.org/10.32883/hcj.v5i1.631
  25. Sari, L. T., & Suminar, E. (2020). The Relationship of Therapeutic Communications In Providing Medicines And The Level of Patient Satisfaction. Indonesian Journal Of Professional Nursing, 1(2), 54–62.
  26. Setiawan, B. (2020). Wisata Medis Dalam Peningkatan Pelayanan Rumah Sakit. Paradigma Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 21–28. https://journal.ugm.ac.id/paradigma/article/view/59543
  27. Setyawan, F. E. B. (2018). Komunikasi Medis: Hubungan Dokter-Pasien. MAGNA MEDICA: Berkala Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1(4), 51. https://doi.org/10.26714/magnamed.1.4.2017.51-57
  28. Siti, M., Zulpahiyana, Z., & Indrayana, S. (2016). Komunikasi Terapeutik Perawat Berhubungan dengan Kepuasan Pasien. Jurnal Ners Dan KebidananIndonesia,4(1),30. https://doi.org/10.21927/jnki.2016.4(1).30-34
  29. Syaputra, A. D. (2015). Hubungan Mutu Pelayanan Bpjs Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Rawat Inap Kelas Ii Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu.
  30. Utari, U. (2018). Hubungan Pengalaman Pasien Dengan Loyalitas Pasien Di Rumah Sakit Umum Daerah Haji Makassar. Universitas Hasanuddin.
  31. Wika, R., & Sekarini, A. Y. U. (2018). Pengalaman pasien rawat inap pada penerapanPCC.147. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/13430 https://media.neliti.com/media/publications/147985-ID-none.pdf
  32. ZULV, S. T. (2021). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien : Pendekatan Systematic Review.