Main Article Content
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan adalah pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada setiap pemakai jasa pelayanan kesehatan sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata yang telah ditetapkan berdasarkan standar kode etik profesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien rawat inap di ruang perawatan anak RSUD Labuang Baji Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah Survei Analitik dengan pendekatan Cross Sectional Study dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Accidental sampling. Jumlah sampel 86 responden. Penelitian ini menggunakan metode uji statistic yaitu uji chi-square dengan kemaknaan 0,05. Didapatkan hasil sebagai berikut : Terdapat hubungan Mutu Pelayanan dengan tingkat kepuasan keluarga pasien dengan nilai mutu pelayanan sebanyak 93% “baik” dan Tingkat kepuasan keluarga pasien sebanyak 84,9% “puas”. Saran : Mempertahankan kualitas pelayanan kesehatan, Mengutamakan kebutuhan pasien serta keluhan dari pasien maupun keluarga pasien, peneliti selanjutnya dapat fokus pada pelayanan yang berada di rumah sakit.
Keywords
Article Details
References
- Adhytyo.(2016). Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Journal Ilmu Kesehatan. Retrieved Agustus 2020, from http://www.jurnal.stikesaisyiyah.ac.id/in dex.php/gaster/article/view/52.
- Bustami.2016.“Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Akseptabilitasnya”. Jakarta: Erlangga.
- Cahyaningrum, Ika.2016. “Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poliklinik Umum Peserta PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta) di RSUD Kota Surakarta”.Universitas Muhammadiyah Surakarta.
- Darmadi.2016.”Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dahlia di RSUD Kota Madiun”.STIKESBhakti Husada Mulia Madiun.
- Efendi,Rustam, Alwy Arifin dan Darmawansyah.2016. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar”. Universitas Hasanuddin.
- Friedman. (2016). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.
- Herlambang, susatyo dan Arita Murwani. 2012. “Cara mudah memahami manajemen kesehatan dan rumah sakit”. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
- Kotler. (2011). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control. Yogyakarta: Graha Ilmu .
- Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: 128/MENKES/SK/II/2004 tentang Kebijakan.
- Mubarak, wahid iqbal dan nurul Cahyatin. 2009. “Ilmu kesehatan masyarakat: teori dan aplikasi”. Jakarta: Salemba Medika.
- Muninjaya, Gde. 2011. “Manajemen mutu pelayanan kesehatan”. Jakarta: EGC.
- Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. “Metodologi Penelitian Kesehatan”.Jakarta: Rineka Cipta.
- Nursalam. 2012. “Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dan Praktek Keperawatan Professional Edisi 3”. Jakarta: Salemba Medika
- Nursalam. 2013. “Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3”. Jakarta: Salemba Medika.
- Nursalam. 2016. “Manajemen keperawatan: aplikasi dan praktik keperawatan professional (edisi 5)”. Jakarta: Salemba Medika.
- Pohan, Imbalo S. 2006. “Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: EGC
- Purwanto. 2011. “Statistika untuk Penelitian”. Yogyakarta: PustakaPelajar.
- Purwoastuti, Ending Dan Walyani, Elisabeth Siwi.2015.”Mutu Pelayanan Kesehata dan Kebidanan”. Yogyakarta: Pustaka Baru.
- Riduwan.2015.”Dasar-Dasar Statistika”. Bandung: Alfabeta.
- Santjaka, Aris.2015.”Aplikasi SPSS untuk analisis Data penelitian kesehatan”. Yogyakarta: Nuha Medika.
- Sari, Irine Diana. 2010. “Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan”. Yogyakarta: Nuha Medika.
- Saryono. 2011. „Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula”. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.
- Sujarweni, V.Wiratna. 2014. “Metodelogi Penelitian Keperawatan”.Yogyakarta: Gava Media.
- Sujarweni, V.Wiratna.2015.” SPSS Untuk Penelitian”. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
- Swarjana, I Ketut. 2015. “Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi)”. Yogyakarta: Andi.
- Syofyanti. (2014). Hubungan Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSSN Bukit Tinggi. Journal Keperawatan.
- Tjiptono. (2017). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi. Wira, Ida Ayu Dwidyaniti. 2014. “Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Wangaya Kota Denpasar”. Universitas Udayana Denpasar
- Zaniarti, Dwi. 2011. “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas di RSUD Salatiga”. Universitas Negri Semarang.
References
Adhytyo.(2016). Reliabilitas Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan di Salah Satu Puskesmas Kabupaten Ngawi. Journal Ilmu Kesehatan. Retrieved Agustus 2020, from http://www.jurnal.stikesaisyiyah.ac.id/in dex.php/gaster/article/view/52.
Bustami.2016.“Penjamin Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Akseptabilitasnya”. Jakarta: Erlangga.
Cahyaningrum, Ika.2016. “Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Poliklinik Umum Peserta PKMS (Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta) di RSUD Kota Surakarta”.Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Darmadi.2016.”Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dahlia di RSUD Kota Madiun”.STIKESBhakti Husada Mulia Madiun.
Efendi,Rustam, Alwy Arifin dan Darmawansyah.2016. “Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Aeng Towa Kabupaten Takalar”. Universitas Hasanuddin.
Friedman. (2016). Buku Ajar Keperawatan Keluarga. Jakarta: EGC.
Herlambang, susatyo dan Arita Murwani. 2012. “Cara mudah memahami manajemen kesehatan dan rumah sakit”. Yogyakarta: Gosyen Publishing.
Kotler. (2011). Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation and Control. Yogyakarta: Graha Ilmu .
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor: 128/MENKES/SK/II/2004 tentang Kebijakan.
Mubarak, wahid iqbal dan nurul Cahyatin. 2009. “Ilmu kesehatan masyarakat: teori dan aplikasi”. Jakarta: Salemba Medika.
Muninjaya, Gde. 2011. “Manajemen mutu pelayanan kesehatan”. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. “Metodologi Penelitian Kesehatan”.Jakarta: Rineka Cipta.
Nursalam. 2012. “Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dan Praktek Keperawatan Professional Edisi 3”. Jakarta: Salemba Medika
Nursalam. 2013. “Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis Edisi 3”. Jakarta: Salemba Medika.
Nursalam. 2016. “Manajemen keperawatan: aplikasi dan praktik keperawatan professional (edisi 5)”. Jakarta: Salemba Medika.
Pohan, Imbalo S. 2006. “Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasar pengertian dan penerapan. Jakarta: EGC
Purwanto. 2011. “Statistika untuk Penelitian”. Yogyakarta: PustakaPelajar.
Purwoastuti, Ending Dan Walyani, Elisabeth Siwi.2015.”Mutu Pelayanan Kesehata dan Kebidanan”. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Riduwan.2015.”Dasar-Dasar Statistika”. Bandung: Alfabeta.
Santjaka, Aris.2015.”Aplikasi SPSS untuk analisis Data penelitian kesehatan”. Yogyakarta: Nuha Medika.
Sari, Irine Diana. 2010. “Manajemen Pemasaran Usaha Kesehatan”. Yogyakarta: Nuha Medika.
Saryono. 2011. „Metodologi Penelitian Kesehatan Penuntun Praktis Bagi Pemula”. Jogjakarta: Mitra Cendikia Press.
Sujarweni, V.Wiratna. 2014. “Metodelogi Penelitian Keperawatan”.Yogyakarta: Gava Media.
Sujarweni, V.Wiratna.2015.” SPSS Untuk Penelitian”. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Swarjana, I Ketut. 2015. “Metodologi Penelitian Kesehatan (Edisi Revisi)”. Yogyakarta: Andi.
Syofyanti. (2014). Hubungan Pelayanan Keperawatan Gawat Darurat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSSN Bukit Tinggi. Journal Keperawatan.
Tjiptono. (2017). Manajemen Pelayanan Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi. Wira, Ida Ayu Dwidyaniti. 2014. “Hubungan Antara Persepsi Mutu Pelayanan Asuhan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas III di RSUD Wangaya Kota Denpasar”. Universitas Udayana Denpasar
Zaniarti, Dwi. 2011. “Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Jamkesmas di RSUD Salatiga”. Universitas Negri Semarang.