Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien di Puskesmas Rappang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Cross Selctional yaitul pelnellitian ulntulk melmpellajari dinamika korellasi antara variabell belbas delngan variabell telrikat delngan cara pelndelkatan obselrvasi ataul pelngulmpullan data melnggulnakan kulelsionelr. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dimensi empati dalam kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Penelitian ini menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan untuk meningkatkan kepuasan pasien. Faktor-faktor lain seperti tangibilitas, keandalan, daya tanggap, dan jaminan juga dapat mempengaruhi kepuasan pasien. Penelitian ini dilakukan di Puskesmas Rappang, Kabupaten Sidrap, dengan populasi pasien yang mencari pengobatan pada bulan Juli 2023. Sampel penelitian sebanyak 100 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan metode statistik. Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar responden memberikan penilaian baik terhadap kualitas pelayanan dalam semua dimensi. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada Puskesmas Rappang untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan guna meningkatkan kepuasan pasien.
Keywords
Article Details
References
- Anjayati, S. (2021). Relvielw Artikell: Analisis Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Pasieln Di Pulskelsmas Melnggulnakan Meltodel Selrvqulal. Nulrsing Carel and Helalth Telchnology Joulrnal (NCHAT), 1(1), 31–38.
- http://ojs.nchat.id/indelx.php/nchat/arti clel/vielw/7.
- Darmawan, P. A. D. T., & Elkawati, N. W. (2017). Pelngarulh Kelpulasan Konsulmeln Melmeldiasi Harga telrhadap Loyalitas Konsulmeln dalam Belrbellanja pada Florist Onlinel di Delnpasar. El-Julrnal Manajelmeln Ulnuld, 6(4), 2076–2104. https://ocs.ulnuld.ac.id/indelx.php/Manajel meln/articlel/vielw/27970
- Dewi, O., Raviola, R., & Sari, N. P. (2021). Analisis Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(1). https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss 1.874.
- Elngkuls. (2019a). Pelngarulh Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Pasieln Di Pulskelsmas Cibitulng Kabulpateln Sulkabulmi. Julrnal Govelrnansi, 5(2). https://doi.org/103.41.206.194/JGS/artic lel/vielw/1956.
- GURNING, F. P. 2018. Dasar Administrasi & Kebijakan Kesehatan Masyarakat, Yogyakarta, K-Media.
- Haryoko, Ul. B., Dellimah Pasaribul, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pelngarulh Harga Dan Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Konsulmeln Pada Firman Delkorasi (Weldding Organizelr). Point, 2(1). https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566.
- Nulr rofiah. 2019. Hulbulngan Kulalitas Pellayanan Kelselhatan Delngan Kelpulasan Pasieln di Pulskelsmas Rappang Kelcamatan Panca Rijang Tahuln 2023. Meldan
- Parasuraman. Et, al.. 1988. Zeithmal and Bitner (1996). Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Produk Jasa. Kajian Bisnis dan Manajemen. Vol 4, No I, Hal 55- 56.
- Pelrmelnkels RI no 43 tahuln 2023 telntang Pulsat Kelselhatan Masyarakat.
- Seltryorini, Ul. (2018). Analisis Pelngarulh Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Pasieln (Stuldi Kasuls Pada Pasieln Pelnggulna BPJS RSI Masyithoh Bangil). Julrnal Ilmul Manajelmeln, 2(1), 1–7. https://julrnal.narotama.ac.id/indelx.php/ mgs/articlel/vielw/568.
References
Anjayati, S. (2021). Relvielw Artikell: Analisis Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Pasieln Di Pulskelsmas Melnggulnakan Meltodel Selrvqulal. Nulrsing Carel and Helalth Telchnology Joulrnal (NCHAT), 1(1), 31–38.
http://ojs.nchat.id/indelx.php/nchat/arti clel/vielw/7.
Darmawan, P. A. D. T., & Elkawati, N. W. (2017). Pelngarulh Kelpulasan Konsulmeln Melmeldiasi Harga telrhadap Loyalitas Konsulmeln dalam Belrbellanja pada Florist Onlinel di Delnpasar. El-Julrnal Manajelmeln Ulnuld, 6(4), 2076–2104. https://ocs.ulnuld.ac.id/indelx.php/Manajel meln/articlel/vielw/27970
Dewi, O., Raviola, R., & Sari, N. P. (2021). Analisis Survei Kepuasan Pelanggan Terhadap Mutu Pelayanan Di Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau. Jurnal Kesehatan Komunitas, 7(1). https://doi.org/10.25311/keskom.Vol7.Iss 1.874.
Elngkuls. (2019a). Pelngarulh Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Pasieln Di Pulskelsmas Cibitulng Kabulpateln Sulkabulmi. Julrnal Govelrnansi, 5(2). https://doi.org/103.41.206.194/JGS/artic lel/vielw/1956.
GURNING, F. P. 2018. Dasar Administrasi & Kebijakan Kesehatan Masyarakat, Yogyakarta, K-Media.
Haryoko, Ul. B., Dellimah Pasaribul, V. L., & Ardiyansyah, A. (2020). Pelngarulh Harga Dan Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Konsulmeln Pada Firman Delkorasi (Weldding Organizelr). Point, 2(1). https://doi.org/10.46918/point.v2i1.566.
Nulr rofiah. 2019. Hulbulngan Kulalitas Pellayanan Kelselhatan Delngan Kelpulasan Pasieln di Pulskelsmas Rappang Kelcamatan Panca Rijang Tahuln 2023. Meldan
Parasuraman. Et, al.. 1988. Zeithmal and Bitner (1996). Konsep dan Teknik Pengukuran Kualitas Produk Jasa. Kajian Bisnis dan Manajemen. Vol 4, No I, Hal 55- 56.
Pelrmelnkels RI no 43 tahuln 2023 telntang Pulsat Kelselhatan Masyarakat.
Seltryorini, Ul. (2018). Analisis Pelngarulh Kulalitas Pellayanan Telrhadap Kelpulasan Pasieln (Stuldi Kasuls Pada Pasieln Pelnggulna BPJS RSI Masyithoh Bangil). Julrnal Ilmul Manajelmeln, 2(1), 1–7. https://julrnal.narotama.ac.id/indelx.php/ mgs/articlel/vielw/568.