Main Article Content

Abstract

Patient safety atau biasa disebut keselamatan pasien ialah suatu upaya yang dilakukan di pelayanan kesehatan untuk mencegah terjadinya cidera dan tindakan yang tidak seharusnya dilakukan pada pasien. Adapun kasus insiden patient safety yang terjadi dimana pada tahun 2020 terdapat 1 kasus KTD dan 1 kasus KNC, Pada tahun 2021 terdapat 4 kasus KTD dan 1 kasus KPC sedangkan pada tahun 2022 terdapat 5 kasus KTD. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan patient safety terhadap peningkatan kualitas pelayanan rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Haji Padjonga Daeng Ngalle Takalar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional study. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 143 perawat rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Haji Padjonga Daeng Ngalle Takalar dengan menggunakan metode teknik purposive sampling. Data ini diambil dengan menggunakan kuesioner yang telah uji validitas dan uji reliabilitas. Analisis data dengan menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan aplikasi SPSS 26. Hasil penelitian dari pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial pada variabel ketepatan identifikasi pasien (p=0,000), kepastian tepat lokasi, tepat prosedur dan tepat operasi (p=0,015), pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan (p=0,006) terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Sedangkan tidak terdapat pengaruh secara parsial pada variabel peningkatan komunikasi yang efektif (p=0,809), peningkatan obat yang perlu diwaspadai (p=0,247), dan pengurangan Risiko pasien jatuh (p=0,896) terhadap peningkatan kualitas pelayanan. Sedangkan melalui uji F, ketepatan identifikasi pasien, peningkatan komunikasi yang efektif, peningkatan obat yang perlu diwaspadai, kepastian tepat lokasi, tepat prosedur dan tepat operasi, pengurangan risiko infeksi terkait pelayanan kesehatan, dan pengurangan pasien jatuh terdapat pengaruh secara simultan (p=0,000) terhadap peningkatan kualitas pelayanan rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Haji Padjonga Daeng Ngalle Takalar. Disarankan kepada pihat rumah agar dapat meningkatkan program-program pencegahan sehingga tidak terjadi pengulangan KTD.

Keywords

Patient Safety Kualitas Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit

Article Details

How to Cite
Ardianti. (2024). PENGARUH PENERAPAN PATIENT SAFETY TERHADAP PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN RAWAT INAP RUMAH SAKIT UMUM DAERAH HAJI PADJONGA DAENG NGALLE TAKALAR. Public Health and Medicine Journal, 2(1), 7-21. Retrieved from https://www.jurnal.ilrscentre.or.id/index.php/pama/article/view/44

References

  1. Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2016). Hubungan Pengetahuan Perawat Dengan Upaya Penerapan Patient Safety Di Ruang Rawat inaprumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Vii(1), 390–392
  2. Dian Ekawaty, D. (2022). Jurnal Kesehatan Pertiwi Analisis Implementasi Patient Safety Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Rsud Batara Siang Kabupaten Pangkep. Rsud Batara Siang Kabupaten Pangkep.
  3. Dibetryana Harefa, 2019. (2019). Tugas K3rsjurnal 3 Gambaran Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Oleh Perawat Rawat inaprumah Sakit Umum Daerah Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Vii(1), 390–392
  4. Dian Ekawaty, D. (2022). Jurnal Kesehatan Pertiwi Analisis Implementasi Patient Safety Terhadap Peningkatan Kualitas Pelayanan Rsud Batara Siang Kabupaten Pangkep.
  5. Dibetryana Harefa, 2019. (2019). Tugas K3rsjurnal 3 Gambaran Penerapan Sasaran Keselamatan Pasien Oleh Perawat
  6. Lambogia, A., Rottie, J., & Karundeng, M. (2016). Hubungan Perilaku Dengan Kemampuan Perawat Dalam Melaksanakan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Di Ruang Akut Instalasi Gawat Darurat. Journal Keperawatan, 4(9), 1689–1699.
  7. Najihah. (2018). Budaya Keselamatan Pasien Dan Insiden Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit: Literature Review. Journal Of Islamic Nursing, 3(1), 1
  8. Sumarni, S. (2017). Analisis Implementasi Patient Safety Terkait Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 5(2),91. Https://Doi.Org/10.21927/Jnki.2017.5(2). 91-99
  9. Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan An Kepuasan Pasien Rumah Sakit: Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 10.18196/Jmmr. 2016, 6(1), 9–15. Https://Doi.Org/10.18196/Jmmr.6122
  10. Dalfian. (2021). Hubungan Penerapan Pasien Safety Terhadap Mutu Pelayanan Pemberian Obat Pasien Rawat inapdi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. 16, 18.